Kuatkan SDM Pengembangan Usaha Mustahik, Pendamping Program Ikuti Workshop

Dalam rangka meningkatkan kapasitas SDM dibidang pengembangan bisnis serta upaya memfasilitasi mustahik dalam mengakses pemasaran digital, tim Pengembangan Bisnis dan kemitraan bersama dengan pendamping program mengikuti program seminar dan workshop “Gerobak Maya” (Selasa, 10/9). Kegiatan yang diinisiasi oleh Bekraf bekerjasama dengan go food ini bertujuan untuk meluaskan pasar UKM khususnya dibidang kuliner. Data dari Bekraf menjelaskan bahwa pelaku usaha kuliner menempati urutan terbesar dari perputaran usaha kreatif yaitu sebesar 40%, dengan demikian pelaku usaha kuliner perlu mendapatkan stimulus berupa akses pemasaran digital agar mereka mampu mengikuti derasnya arus perkembangan zaman.

Sejalan dengan uraian diatas maka LPEM BAZNAS selaku lembaga yg mendukung pertumbuhan ekonomi mustahik terus berupaya mendorong pengembangan usaha mustahik dengan mengintegrasikan kegiatan workshop tersebut kepada para pendamping selaku ujung tombak pemberdayaan yang ada. Para pendamping program diharapkan kedepannya mampu memfasilitasi dan mengarahkan mustahik dalam mengembangkan usahanya melalui digital marketing.

Segala persiapan pun dilakukan sebelum mulai memasarkan produk dan usaha kuliner mustahik ke digital marketplace, seperti mengembangkan produk terlebih dahulu dari segi kualitas produk, kuantitas, desain kemasan dan penguatan branding. Selain itu mustahik juga perlu diberikan sosialiasi pentingnya keempat hal tersebut sebelum masuk ke pasar digital, karena kecilnya tingkat kepercayaan konsumen dalam online shop menjadi salah satu kendala besar yang harus diatasi oleh tim pengembangan bisnis dan kemitraan LPEM BAZNAS. Berdasarkan hal tersebut, maka peran penting pendamping pogram sangat diperlukan dalam melaksanakan persiapan yang sudah direncanakan demi tercapainya empat aspek pengembangan produk yang harus ditingkatkan sebelum masuk ke dalam marketplace.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *