Launching Mustahik Pengusaha Budidaya Ternak Lele Bekasi

BAZNAS berkomitmen untuk memberdayakan masyarakat dalam berbagai bidang pertanian,peternakan dan UMKM. Komitmen ini ditunjukkan dengan dilaunchingnya program pemberdayaan di beberapa wilayah salah satunya adalah Bekasi Jawa Barat. Rabu (24/10) dilakukan Launching Program Mustahik Pengusaha Budidaya Ternak Lele dengan metode bioflok. Penerapan bioflok dilakukan karena lebih efisien secara biaya dan lokasi. Launching dilakukan di Kp. Bakung, Pebayuran, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Program ini memberikan bantuan modal usaha berupa bibit lele, pakan dan kolam bioflok senilai 115 juta kepada 23 mustahik yang tergabung dalam kelompok Berkah Lele. Pengelolaan kolam akan dilakukan oleh mustahik secara berkelompok. “Dengan berkelompok diharapkan kelompok ini bahu-membahu satu sama lain untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi dalam kelompok” Ujar Ajat Sudarjat, Direktur LPEM.

Tujuan utama program ini adalah untuk meningkatkan pendapatkan mustahik, sehingga bisa memenuhi kebutuhannya sendiri tanpa bergantung dengan orang lain. Selain aspek ekonomi, diharapkan mustahik juga mengalami perubahan secara spiritual, dan mampu mengisnpirasi mustahik yang lain diluar kelompok.
“Kami berharap kelompok ini bisa memberikan inspirasi mustahik-mustahik yang lain sehingga bisa tumbuh kelompok2 usaha yang lain. Kami juga berharap bapak/ibu tidak hanya meningkat dari sisi pendapatan saja namun juga dari aspek keagamaan, wawasan keislaman semakin luas, ibadah nambah rajin, ketaqwaan juga semakin bertambah” Tutur Nasir Tajang Direktur Pendistribusian dan Pendayagunaan

Pemerintah desa memberikan tanggapan positif terkait program ini diwilayahnya dan berharap penerima manfaat serius dalam mengelolanya, jangan sampai hanya semangat di awal setelah itu hilang. “Kami Berharap bantuan dari BAZNAS ini benar-benar dijalan dengan baik, dengan penuh tanggung jawab. Kelompok harus bias membuktikan kepada BAZNAS bahwa kita amanah dan kita bias maju. Kami dari desa akaan membantu melakukan pemantauan dan jika berhasil bisa menularkan kepada kampung yang lain. Terima Kasih kepada BAZNAS dari kami kepada BAZNAS yang telah membantu warga kami” ungkap Muhidin Perwakilan desa dalam sambutannya (SM).

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *