Pencanangan Kampung Batik Cibuluh, Pesona Kekhasan Indonesia dari Kota Bogor

Kampung Cibuluh, Bogor Utara, Kota Bogor merupakan daerah yang akan dicanangkan sebagai kampung batik. Rencana pencanangan kampung ini sebagai Kampung Batik Bogor sampai saat ini belum pernah dirilis. Batik Bogor memang tidak setenar batik di daerah jawa lainnya seperti pekalongan contohnya, namun saat ini berbagai daerah telah membuat ciri khas motif batik sesuai dengan filosofi daerahnya masing-masing. Seperti Kota Bogor, motif batik yang dapat dimunculkan, yakni kujang, kijang, istana bogor, cibuluh, pala, dan masih terus dicari ciri khas lainnya. Adapun pengrajin batik di kota bogor masing terbilang sedikit dan bersifat perseorangan, saat ini terhitung 5 orang, itupun salah satunya sudah gulung tikar.

Salah satu pengrajin yang masih bertahan berada di Kampung Batik Cibuluh. Perkembangan Batik disini awalnya dimulai tahun 2015 oleh Dina dan Ibunya yang mengikuti pelatihan membatik dan memulai menjalankannya dirumah dengan brand Pancawati. Beliau belajar mendesign batik, mencanting dan mewarnai. Batik yang dibuat mulai dari batik tulis, batik cap hingga kombinasi dengan pewarnaan yang tidak hanya menggunakan pewarna sintetis tapi sudah menggunakan pewarna alami (kerjasama dengan LIPi). Bantuan dari berbagai pihak (salah satunya IPB) menyebabkan akhirnya adapat diadakan pelatihan membatik untuk Ibu-Ibu di kampung Cibuluh dan dibina langsung oleh Ibu Dina. Ibu-ibu membuat kelompok-kelompok kecil bersama (5 kelompok, 4-5 orang per kelompok), yang telah difasilitasi peralatan membatik pada setiap kelompok, seperti kompor canting, alat canting, canting cap, meja Cap, meja design dan bahan baku lainnya, dan hasil karya dari Ibu-ibu Cibuluh dititipkan untuk dijual oleh Bu Dina. Hal yang Menarik dari pelatihan ini adalah setiap kelompok didorong untuk membuat brand sendiri dengan membuat motif batik khas masing-masing kelompok.

Kedepannya diharapkan dikampung Cibuluh ini dapat diberdayakan lebih banyak Ibu-ibu dan anak muda yang melalukan aktivitas membatik dan menjadikan kampung Cibuluh menjadi Kampung Batik dengan berbagai aktivitas, baik dari segi wisata batik, maupun wisata instagramable. Beberapa rumah sekitar juga sudah mengizinkan jika tembok rumahnya boleh di cat dengan ornamen batik. Kampung Cibuluh ini bersebelahan dengan markas brimob Bogor, yang sebagian besar bermatapencaharian sebagai pedagang makanan dan pekerja pabrik. Namun setelah akses utama melalu markas brimob ditutup, kesempatan usaha berkurang dan bahkan banyak yang tutup. Dengan akan dicanangkannya sebagai kampung batik ini dapat ditumbuhkan kembali perekonomian kampung. Usaha kreatif lainnya yang masih berjalan dikampung ini namun masih terbatas yakni, konveksi, bros, dan lukisan daun jati. Dengan adanya kampung batik ini, tidak hanya usaha batik bogor yang meningkat tapi juga usaha lainnya di sekitar Kampung Cibuluh dapat meningkat karena menjadi kampung wisata batik.

Pada 16 Juli 2019, pendamping program melaksanakan sosialisasi dengan masyarakat kampung Cibuluh untuk pencanangan Kampung Batik bersama BAZNAS. Kegiatan ini dihadiri oleh tokoh penting seperti Pak Lurah Cibuluh dan jajarannya, Ketua RW 4, Ketua RT 1,2,3,4, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, dan Ibu-Ibu, serta Kepala LPEM BAZNAS yang juga turut menghadiri sosialisasi ini. Dalam hal ini seluruh peserta yang hadir mendukung dan menyetujui dilaksanakannya kegiatan ini. Kepala Lurah berjanji bahwa akan mendorong Kegiatan ini pada pemkot kota Bogor untuk mendukung kegiatan ini, dan tidak lupa tokoh masyarakat juga akan membantu mendorong semangat dari masyarakat untuk berpatisipasi dalam kegiatan ini. Adapun tindak lanjut dari kegiatan ini adalah pembentukan panitia pelaksana oleh para pemuda, penyusunan rencana aktivitas dan anggaran.

Rencana Tindak Lanjut:

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *